Implementation of Good Governance, Utilization of Information Technology and Reliability of Government Financial Statement

  • Hadi Jauhari
  • Yuliana Sari
  • Evada Dewata Politeknik Negeri Sriwijaya
Keywords: Good Governance, Utilization of Information Technology,, Reliability of Local Government Financial Statements

Abstract

The lack of optimal implementation of Good Governance and the use of information technology is thought to affect the quality of government financial reports. For this reason, this research is intended to determine the relationship between the application of Good Governance, the use of information technology and the reliability of the financial statements of the regional government of South Sumatra Province. The study population was employees of 40 Regional Apparatus Organizations in South Sumatra Province. The sampling technique used is purposive sampling, and 120 respondents are obtained consisting of heads of departments, treasurers of offices, administrators of finance or accounting, and staff of finance at the Regional Apparatus Organization of South Sumatra Province. The collection method uses a questionnaire distributed from May-June 2019. The results of the study show that Good Governance does not have a significant effect on the reliability of local government financial reports.  On the contrary,  the use of information technology has a significant positive effect on the reliability of local government financial reports. The results of this study have implications for the Regional Government of South Sumatra Province as a Good Governance agent in the government to commit and consistently utilize information and accountable technology in transparent financial reporting.

References

Anggreni, N. M. M., Widanaputra, A. A. G. P., & Putri, I. G. A. D. (2018). Pengaruh Good Governance dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Pada Kualitas Laporan Keuangan Di Kota Denpasar. E-Jurnal Akuntansi, 2018(1), 352-380.

Aini, F., Tanjung, A. R., & Anggraini, L. (2016). Pengaruh pengendalian intern, pemanfaatan teknologi informasi, dan kualitas sumber daya manusia terhadap keterandalan pelaporan Keuangan daerah (studi pada satuan kerja perangkat daerah kota payakumbuh). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Ekonomi, 2(2), 1-16.

Azlan, M., Herwanti, T., & Pituringsih, E. (2015). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Pengendalian Intern Akuntansi, Dan Pengawasan Keuangan Daerah terhadap Keandalan Laporan Keuangan Daerah Pada SKPD Pemerintah

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia BPK RI (2019), IHPSI tahun 2019 (Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester I tahun 2019, https://www.bpk.go.id/assets/files/ihps/ 2019/I/ihps_i_ 2019_1568693769.pdf, accessed 9th September 2019.

Chodijah, S., & Hidayah, N. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Sistem Pengendalian Internal terhadap Kualitas Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Kasus SKPD Provinsi DKI Jakarta). Jurnal Tekun, 8(1).

Darwanis, D., & Mahyani, D. D. (2009). Pengaruh Kapasitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Tehnologi Informasi Dan Pengendalian Intern Akuntansi Terhadap Keterandalan Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah. Jurnal Telaah dan Riset Akuntansi, 2(2), 133-151.

Diawati, M. (2015). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Keterandalan Laporan Keuangan Daerah Pemerintahan Kota Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Karmila, K., Tanjung, A. R., & Darlis, E. (2013). Pengaruh Kapasitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Pengendalian Intern terhadap Keterandalan Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi pada Pemerintah Provinsi Riau). Sorot, 9(1), 25-42.
Mardiasmo. (2009). Otonomi Dan Manajemen Keuangan Daerah.Yogyakarta: Andi

Prapto, S. (2010). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi, Dan Pengendalian Intern Akuntansi Terhadap Keandalan Dan Ketepatwaktuan Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Pada Pemerintah Kabupaten Sragen) (Doctoral Dissertation, Tesis, Universitas Sebelas Maret, Surakarta).

Prasetyo, A. R. (2015). Pengaruh Kapasitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Pengendalian Interen Akuntansi Dan Good Corporate Governance Terhadap Keandalan Dan Ketepatwaktuan Pelaporan Keuangan Pemerintah (Studi Empiris Pada 32 Satuan Kerja Di Polda Jambi. Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 1(1).

Primayana, K. H., Atmadja, A. T., SE, A., Darmawan, N. A. S., & SE, A. (2014). Pengaruh Kapasitas Sumber Daya Manusia, Pengendalian Intern Akuntansi, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Dan Pengawasan Keuangan Daerah Terhadap Keterandalan Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 2(1).

Priyatno, D. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20, Edisi Kesatu, Yogyakarta: Andi.

Republik Indonesia RI (2005). Peraturan Pemerintah No. 56 Tahun 2005 tentang Sistem Informasi Keuangan Daerah, http://www.djpk.depkeu.go.id/attach/post-pp-no-56-tahun-2005-tentang-sistem-informasi-keuangan-daerah/--232-267-PP56_2005.pdf, accessed 9th September 2019.

Sari, I. M., & Tamrin, N. A. (2017). Pengaruh Penerapan Good Government Governance dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Informasi Laporan Keuangan (Studi Pada Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah Kota Kendari). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 1(1), 106-121.

Sari, D. (2012). Pengaruh pengendalian internal terhadap transparansi laporan keuangan Pemerintah Daerah. Proceedings Seminar Nasional Akuntansi & Bisnis (SNAB), Bandung.

Sembiring, F. L. (2013). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Keandalan Dan Ketepatwaktuan Pelaporan Keuangan Pemerintah (Studi Empiris Pada Pemerintah Kota Padang). Jurnal Akuntansi, 1(1).

Suyanto. (2005). Pengantar Teknologi Informasi Untuk Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Sukmaningrum, T., & Harto, P. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Informasi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Empiris Pada Pemerintah Kabupaten Dan Kota Semarang) (Doctoral Dissertation, Fakultas Ekonomika Dan Bisnis).

Sukirman, Sularso, dan Nugraheni. (2012). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keterandalan Dan Ketepatwaktuan Pelaporan Keuangan Dengan Pengendalian Intern Akuntansi Sebagai Variabel Pemoderasi .” Jurnal Universitas Jenderal Soedirman

Tullah, D. S., Apriyanti, E., & Wijaya, N. (2018). Pengaruh Penerapan Good Government Governance (Ggg) Dan Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (Spip) Terhadap Kualitas Pelaporan Keuangan (Studi Kasus Pemerintah Daerah Provinsi Di Jawa Barat Dan Banten). Balance Vocation Accounting Journal, 2(1).

Wardani, D. K., & Andriyani, I. (2017). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Keandalan Pelaporan Keuangan Pemerintahan Desa Di Kabupaten Klaten. Jurnal Akuntansi, 5(2), 88-98.

Zeyn, E. (2014). Pengaruh Penerapan Good Governance dan Standar Akuntansi Pemerintahan terhadap Akuntabilitas Keuangan. Trikonomika Journal, 10(1), 52-62.

Zulkanendy, B (2018). Layanan Publik di Sumsel Masih Buruk, SindoNews 12 Desember, https://daerah.sindonews.com/read/1362286/190/layanan-publik-di-sumsel-masih-buruk-1544627729
Published
2019-11-30
How to Cite
Jauhari, H., Sari, Y., & Dewata, E. (2019, November 30). Implementation of Good Governance, Utilization of Information Technology and Reliability of Government Financial Statement. Journal of Accounting and Strategic Finance, 2(2), 117-126. https://doi.org/https://doi.org/10.33005/jasf.v2i2.59