PENGARUH CELEBGRAM DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SECARA ONLINE PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PRODUK ERHA CLINIC DI SURABAYA

  • Gogi Kurniawan
Keywords: Celebgram, brand image, minat

Abstract

Peningkatan persaingan bisnis online melalui social media, memberikan kesempatan industri klinik kecantikan untuk memanfaatkan social media marketing agar bisa meningkatkan minat beli konsumen dengan pemilihan bintang iklan atau celebgram yang tepat. Disamping itu, produsen juga harus membuat produk yang inovatif agar merek tersebut memiliki citra positif di benak masyarakat sehingga dapat meningkatkan minat beli pada produk yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebgram dan brand image terhadap minat beli produk Erha Clinic. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengunjung di Erha Clinic Center Surabaya. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 responden. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah PLS (Partial Least Square). Dari peneltian ini didapatkan hasil bahwa Celebgram dan brand image berpengaruh positif terhadap minat beli produk Erha Clinic).

References

Abdurachman, Ujianto. (2004). Analisis Faktor-Faktor yang Menimbulkan Kecenderungan Minat Beli Konsumen Sarung (Studi Perilaku Konsumen Sarung di Jawa Timur). Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 6(1), Maret 2004.
Ananda, A. F., & Wandebori, H. (2016). The impact of drugstore makeup product reviews by Celebgram on youtube towards purchase intention by undergraduate students in Indonesia. In International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science, 3(1), 264-272.
Anggraeni, R. D., Pangestuti, E., & Devita, L. D. R. (2018). Pengaruh Endorsement Celebgram terhadap minat beli Make Up Brand Lokal (Survey pada Peminat Kosmetik LT Pro yang Dipengaruhi oleh Video Vlog Ini Vindy di Kota
Malang). Jurnal Administrasi
Bisnis, 60(1), 155-162.
Arifin, E., & Fachrodji, A. (2015).
Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Brand image dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Ban Achilles di Jakarta Selatan. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(1).
Choi, G.Y. & Behm-Morawitz, E. (2017). Giving a new makeover to STEAM : Establishing Youtube bauty gurus as digital literacy educators through messages and effect on viewers, Computers In Human Behaviors, 73: 80-91
Kotler, P. dan Amstrong. (2008). Prinsip - Prinsip Pemasaran. Jilid ke-1 dan ke-2, edisi 12. Alih BahasaL Bob Sabran, M.M. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2008). Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler,P. dan Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi ketiga belas. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Low, G. S., & Lamb Jr, C. W. (2000). The measurement and dimensionality of brand associations. Journal of Product & Brand Management, 9(6), 350-370.
Media, L. (2009). YouTube & Google video; membuat, mengedit, dan Upload Video. Yogyakarta : Penerbit Mediakom.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Penerbit Andi
Shimp, Terence A. (2003). Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi Ke-5, Jilid I. Alih Bahasa: Revyani Sahrial, Dyah Anikasari. Editor: Nurcahyo Mahanani. Jakarta: ErlanggaSinaga, R. E. M., & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh YouTube Celebgram terhadap Minat Beli Konsumen dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pengguna Kosmetik Produk Erha Clinic di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis, 63(1), 187-196.
Website :
Clinic, Zap dan Markplus. 2018. Zap Beauty Index. https://zapclinic.com/zapbeautyinde x. Diakses Pada 6 Oktober 2019. 19.00 WIB
Ekarina. 2019. “ Tren Perawatan Kecantikan Naik, Industri kosmetik Dipatok tumbuh 9%. https://katadata.co.id. Diakses Pada 7 Oktober 2019. 09.00 WIB
Frontire Consulting Group. 2019. “TOP Brand
Award”.https://www.topbrand- award.com/top-brand-index/Diakses Pada 9 Oktober 2019. 16.00 WIB
Published
2020-08-24
Section
Articles